Info | Hugo Chavez Temui Sahabatnya, Ahmadinejad

VIVAnews – Presiden Venezuela, Hugo Chavez, awal pekan ini menyambangi Iran selama tiga hari. Selain memperkuat kerjasama bilateral, kunjungan ini sekaligus menunjukkan eratnya persahabatan antara Chavez dan Ahmadinejad, dua pemimpin yang selama ini menjadi seteru politik Amerika Serikat (AS).

Menurut laman stasiun televisi Iran, Press TV, pesawat yang membawa Chavez mendarat di Teheran, Senin malam waktu setempat. Chavez dan delegasinya akan berunding dengan pemerintah Iran untuk membicarakan kerjasama pengiriman energi.

Selain itu, kedua negara negara juga akan meningkatkan kemitraan di bidang pengolahan gas dan petrokimia. Selama lima tahun terakhir, Iran dan Venezuela membentuk sejumlah kerjasama dan kontrak atas proyek-proyek investasi di bidang minyak dan gas, mengingat kedua negara termasuk dalam kelompok penghasil sumber energi terkemuka di dunia.

Sejak memerintah Venezuela pada 1999, Chavez sudah sembilan kali menyambangi Iran. Kunjungan Chavez kali ini sekaligus membalas lawatan Ahmadinejad ke Venezuela pada November 2009.

Menurut laman stasiun televisi CNN, Chavez dan Ahmadinejad menjalin hubungan yang bersahabat. Kedua pemimpin ini sering merangkul satu sama lain bila bertemu dan saling menyapa dengan kata “saudara.”

“Kami di sini untuk menyambutmu, saudara Ahmadinejad. Pemimpin, saudara, dan kamerad,” kata Chavez ketika menyambut kedatangan Ahmadinejad tahun lalu. Ahmadinejad pun menyebut Chavez “seorang saudara, yang gigih melawan kekuatan imperialisme dan kolonialisme.”

Mereka pun sama-sama sering mengritik pemimpin AS dan kebijakan luar negerinya dengan kata-kata yang pedas. Sebelum ke Iran, Chavez berkunjung ke Ukraina. Suriah dan Portugal juga masuk dalam agenda kunjungan Chavez.

——————————————————————————————————————————————————————-

Dua orang penyeimbang kekuatan hegemoni AS, semoga selalu bisa menjadi penyeimbang dan NKRI mungkin bisa bergabung agar negara adidaya ini tidak seenaknya dalam kancah persahabatan dunia….

Salam

Blopini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: