Info | Seleksi CPNS Pakai Tes Wawancara-Bahasa Inggris

Kamis, 30 September 2010 | 02:23 WITA

Makassar, Tribun – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel memberlakukan sistem seleksi baru dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) umum tahun 2010. Sistem seleksi ini akan berlaku di 24 kabupaten/ kota se-Sulsel dalam penerimaan tahun ini.

Jika sebelumnya seleksi penerimaan hanya melalui tes akademik dan seleksi tertulis, untuk seleksi tahun ini setiap peserta diwajibkan mengikuti sejumlah rangkaian tes.
Usai penyetoran berkas, calon peserta diharuskan mengikuti tes fisik meliputi pengukuran tinggi dan berat badan. Namun, BKD belum merinci ketentuan dan syarat lulus tes fisik ini. Setelah dinyatakan lulus tes akademik atau seleksi tertulis, tiap peserta diwajibkan masuk ke tes Bahasa Inggris yang dilanjutkan wawancara.
Bahkan, mereka akan mengikuti tes dan pelatihan baris-berbaris sebelum dinyatakan lulus sebagai PNS.
“Ini berlaku seragam di Sulsel. Ada kebijakan dan anjuran dari kemenpan (Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara). Jadi dianjurkan melakukan seperti itu. Tetapi tiap provinsi punya kebijakan sendiri-sendiri,” kata Kepala BKD Sulsel Andi Murni Amien Situru di ruang kerjanya, Komplek Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (29/9).
Murni berharap dengan sistem baru itu Sulsel bisa menjadi percontohan penerimaan CPNS secara nasional karena daerah ini sudah menjadi percontohan penerimaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
Sebelumnya, Pemprov Sulsel sudah mengajukan rincian formasi umum penerimaan CPNS tahun 2010 dalam Rapat Pengusulan Rincian Formasi di Kemenpan RI, Jakarta, Senin (27/9).
BKD Sulsel tinggal menunggu pengesahan dan surat keputusan (SK) dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) RI Diharapkan usulan tersebut sudah bisa keluar dalam bulan ini. Kuota CPNS Pemprov Sulsel melalui jalur umum sebanyak 277
orang. Terdiri dari 150 tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis, dokter umum, hingga D3 kebidanan dan perawat. Sebanyak 114 tenaga teknis, serta 13 pelatih olahraga berprestasi untuk semua jurusan.
Alokasi penerimaan terbesar di lingkup pemprov untuk tenaga perawat dan kebidanan, sedangkan tenaga teknis untuk bidang pertanian dan peternakan.
Murni mengatakan usulan yang diajukan tersebut sudah final pasca rapat di Jakarta. Namun, Murni masih enggan merinci jumlah kuota per formasi termasuk rincian program studi penerimaan karena pihaknya masih harus menunggu SK dari menpan sebelum melansir rincian formasi ke publik.
“Untuk tiap formasi tidak ada yang dua (kuota) seperti tahun lalu kecuali dokter spesialis masing-masing dua. Minimal empat orang. Ada lima sampai 10 per formasi. Seluruhnya belum bisa kita umumkan sekarang kalau belum ada SK-nya,” jelasnya.
Seperti pengalaman tahun sebelumnya, untuk penerimaan dokter spesialis justru sepi pendaftar. Murni menjelaskan revisi kembali akan dilakukan untuk dokter spesialis jika memang tidak ada peminat. “Jika tidak ada yang lamar kualifikasi dokter spesialis maka formasinya akan dialihkan ke dokter umum.
Sesuai ketentuan, revisi masih bisa dilakukan sebelum ujian dilaksanakan,” tambah mantan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemprov Sulsel ini.(axa)

Distribusi Formasi
SULSEL disebutkan mendapatkan giliran ketiga untuk menyetorkan rincian formasi ke menpan dari 33 provinsi se-Indonesia. Berbeda dari tahun sebelumnya yang pengajuan rincian formasi dilakukan tanpa jadwal.
Dalam rapat di Jakarta Senin (27/9), BKD 24 kabupaten/ kota langsung menginput rincian formasi per daerah.
Rincian tersebut langsung diperbaiki jika terdapat kekeliruan maupun kuota yang dianggap tidak menjadi prioritas penerimaan di tiap daerah. Setelah diinput, BKD sisa menunggu SK menpan.
SK penetapan menpan akan langsung dijemput BKD provinsi setelah turun. BKD kabupaten/ kota tak lagi menjemput persetujuan itu ke Jakarta.Nanti, BKD provinsi yang akan mendistribusikan SK rincian formasi yang sudah disetujui ke masing-masing kabupaten/ kota.(axa)

Sumber : Tribun Timur Klik Disini

——————————————————————————————————————————————————————–

Semoga tesnya menghasilkan aparat yang berkualitas buka untuk ajang “akal-akalan”.

NKRI harga mati

Salam

Blopini

One Response to “Info | Seleksi CPNS Pakai Tes Wawancara-Bahasa Inggris”

  1. wow….wow….. bakalan dahsyat abis nih tantangannya buat tahun2 mendatang….

    bersyukurlah buat yg udah diterima……
    please jngan jadi pegawai “akal-akalan”

    salam….

    “pencarikerja”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: