Info | KA Aceh – Lampung/Trans Sumatera akan direalisasikan

MEDAN (Waspada): “Kereta api dari Aceh hingga Lampung bukanlah sebuah hal yang mustahil, dan harus segera direalisasikan,” kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi, saat menerima audiensi sejumlah Anggota Kaukus Sumatera DPD RI di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Freddy, pembangunan kereta api dilakukan dengan sistem dua arah (double track). Bila keberadaan kereta api disandingkan dengan pelabuhan, maka percepatan pembangunan di provinsi-provinsi yang ada di Pulau Sumatera makin berkembang pesat.

Dalam hal ini, provinsi harus melakukan grand desain pembangunan lintasan kereta api dan pelabuhan serta melakukan koordinasi dengan bupati dan walikota. Dengan demikian, akan tercipta sinergi yang baik dalam pembuatan grand desain tersebut. ”Bahkan biaya pembuatan lintasan kereta api jauh lebih murah bila dibanding biaya perawatan jalan raya,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Kaukus Sumatera DPD diwakili Aida Ismeth (Kepri) sekaligus Koordinator Kaukus, Parlindungan Purba (Sumut) selaku Sekretaris Kaukus, Iswandi, A.MD (Lampung), Aryodia Febriansya (Lampung), Ir. Anang Prihantoro (Lampung) dan Bambang P. Soeroso (Bengkulu) menjelaskan, kaukus ini merupakan gabungan anggota DPD dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera. Kaukus Sumatera DPD RI juga didampingi Yulnofrins Napilus dan Kurnia Chalik dari Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS) dan Aniur Rovic.

Aida Ismeth memaparkan, Kaukus Sumatera DPD RI berperan mengawasi pembangunan di Sumatera serta memberi masukan pemikiran bagi para stakeholder di masing-masing provinsi dalam rangka peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera.

Sementara, anggota Parlindungan Purba menyampaikan tentang usulan pembangunan kereta api dari Aceh hingga Lampung yang disanding dengan pembangunan pelabuhan (meliputi pelabuhan laut dan pelabuhan sungai) di masing-masing provinsi. Keberadaan kereta api dan pelabuhan itu diharapkan dapat meningkatkan pembangunan perekonomian di Sumatera.

Dia juga menyampaikan rencana kerja Kaukus Sumatera DPD RI yang akan menyelenggarakan Sumatera Development Summit bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung. Event ini merupakan pertemuan Gubernur se Sumatera beserta jajaran terkait dengan seluruh Anggota Kaukus Sumatera DPD RI guna merumuskan masterplan pembangunan, investasi serta kemitraan program pembangunan yang terintegrasi se Sumatera.

Pada acara itu, masing-masing gubernur dapat mempresentasikan grand desain dalam mempersiapkan pembangunan kereta api dan pelabuhan.

Acara yang dilaksanakan 22–23 Juli 2010 di Lampung akan dibuka Ketua DPD Irman Gusman dan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi, dijadwalkan tampil sebagai pembicara.

sumber : Klik Disini

————————————————————————————————

Semoga ini akan menjadi alat kemakmuran rakyat, sehingga roda perekonomian sumatera semakin cepat berputar dan terus mengejar ketertinggalannya dari daerah lain, dan blopini berharap ini lebih baik diserahkan ke swasta saja karena menurut pengalaman jika di pegang oleh BUMN/BUMD selalu saja layanannya kurang bagus jika tidak bisa disebut “tidak baik sama sekali”.

Blopini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: