Info | Perancang Menara Jakarta Dan Jembatan Selat Sunda

Wiratman Wangsadinata

Profil Singkat beliau :

Wiratman Wangsadinata adalah Pendiri dan direktur utama PT. Wiratman & Associates, Multidisciplinary Consultant, yang telah berdiri sejak tahun 1976 dan sampai kini telah terlibat dalam perencanaan dan supervisi ratusan bahkan ribuan proyek-proyek konstruksi dari mulai jembatan, dam, jalan dan yang cukup banyak adalah gedung-gedung tinggi.
Beliau adalah yang menggagas tentang peraturan gempa di Indonesia.
Beliau diangkat menjadi profesor di ITB, setelah pensiun dari ITB diangkat menjadi guru besar di Universitas Tarumanagara. Ia mengambil doktor di ITB pada saat bersamaan dengan putrinya yang juga mengambil doktor di Wisconsin. Meskipun sudah sukses dibidang praktisi, dan diakui keberadaannya di komunitas teknik sipil tetapi karena kecintaannya pada dunia teknik sipil beliau tetap melakukan riset disertasi. Promotor beliau adalah Prof. Moh. Sahari Besari M.Sc., Ph.D yang hanya beda usia sekitar dua tahun.
Setelah sukses menempuh program doktor dan lulus cum-laude , beberapa tahun kemudian beliau diangkat menjadi guru besar di ITB Bandung.
Putri ke dua beliau yang mengambil program doktornya pada waktu yang sama tersebut saat ini juga tetap berkecipung di bidang teknik sipil, yang dimaksud tersebut adalah Prof. Sofia Alisyahbana M.Sc., Ph.D di Universitas Tarumanagara, Jakarta
Pakar jembatan ini juga telah banyak merancang pembangunan gedung-gedung di Indonesia termasuk infrastruktur lainnya seperti menara pencakar langit, power plant, bendungan dan lain-lain. Bahkan calon ikon Jakarta yaitu Menara Jakarta yang akan menjadi tower tertinggi di dunia setinggi 500 meter lebih, merupakan hasil rancangannya.
Selain itu Wiratman juga perancang gedung Wisma Darmala, PSP Office Tower, Kota BNI, Bakrie Tower, Sampoerna Strategic Square, Niaga Tower dan lainnnya. Di bidang perhotelan Wiratman juga telah merancang hotel Aryaduta, Four Seasons Residential Apartments, Mal Ciputra dan banyak lainnya, termasuk beberapa pembangkit listrik.

Hasil Karyanya :
Wisma Darmala

PSP Office Tower

Sampoerna Strategic Square

Mal Ciputra

Bitung Port

Mrica Hydro Electric Power Plant – Banjarnegara

Menara Jakarta

Jembatan Selat Sunda

————————————————————————————————————————————————————————————————–

Indonesia bisa!!

One Response to “Info | Perancang Menara Jakarta Dan Jembatan Selat Sunda”

  1. Bambang Says:

    Meskipun agak mustahil, mudah2 an jembatan selat sunda bisa terwujud, mengingat jalur jembatan harus melewati daerah tektonik aktif dan gunungapi aktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: