Opini | Korut Akan Serang Hawai

SEOUL – Korea Utara akan meluncurkan rudal balistik jarak jauh ke arah Hawaii pada awal Juli. Demikian seperti dilaporkan surat kabar Jepang Yomiuri, Kamis (18/6/2009).

Rudal jenis Taepodong-2 dengan jarak tembak hingga 6.500 kilometer akan diluncurkan dari Dongchang-ni di sebelah barat laut. Yoimuri mengutip analisis Kementerian Pertahanan Jepang dan intelijen yang dikumpulkan oleh satelit pengintai Amerika Serikat.

Peluncuran rudal akan berlangsung antara 4 dan 8 Juli, tulis surat kabar itu yang dikutip The Washington Post.

Meski berspekulasi Taepodong-2 dapat melintasi Jepang ke arah Hawaii, Yomiuri tidak akan dapat menghantam kepulauan utama Hawaii yang berjarak 7.200 kilometer dari Semenanjung Korea.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang menolak berkomentar mengenai laporan itu. Bagitu pula Kementerian Pertahanan dan Badan Intelijen Nasional Korea Selatan.

Ketegangan di sepanjang Semenanjung Korea telah meningkat semenjak Korut menggelar uji coba nuklir kedua pada 25 Mei. Sabtu lalu rezim Korut juga menyatakan akan terus mengembangkan program nuklir dan mengancam perang sebagai protes atas sanksi yang dijatuhkan Dewan Keamanan PBB.

International Crisis Group (ICG) menyebut Korut memiliki ribuan ton senjata kimia yang dapat ditempelkan pada misil-misilnya. Senjata itu dapat digunakan untuk menyerang tetangganya, Korea Selatan. Militer Korut memiliki 2.500-5.000 ton senjata kimia, termasuk gas mustard, sarin, dan berbagai gas syaraf lainnya.

Semoga tidak terjadi….walaupun bisa dimaklumi korut melakukan itu karena demi kedaulatan negaranya yang selalu diobok2 oleh negara lain seperti sang Polisi Dunia (AS).

2 Responses to “Opini | Korut Akan Serang Hawai”

  1. wahyu am Says:

    bener. semoga g terjadi😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: