Info | Dunia olah raga Indonesia

Kaltim Disiapkan Tuan Rumah SEA Games 2011

Surya Online-Monday, 21 July 2008

Surabaya – Dinilai sukses menyelenggarakan PON XVII, Kaltim kini mendapat kepercayaan menggelar event internasional. KONI Pusat menyiapkan provinsi Bumi Etam itu sebagai salah satu tempat venue pertandingan saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011. “KONI Pusat sudah sepakat memilih Kaltim menjadi salah satu venue, selain Jakarta,” jelas Hendardi Supanji, Wakil Ketua KONI Pusat, Minggu (20/7).

Menurut Hendardi, pertimbangan utama memilih Kaltim, lantaran memiliki banyak fasilitas pertandingan, yang berstandar internasional. Untuk sepak bola misalnya, Kaltim memiliki dua stadion berkelas Eropa. Stadion Utama Palaran di Samarinda dan Stadion Perjiwa di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Stadion Palaran yang disebut-sebut sebagai duplikat Old Trafford (stadion milik Manchester United) itu merupakan stadion termegah di Indonesia saat ini. Stadion pada PON XVII lalu sudah digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola babak semifinal dan final.

Sementara Stadion Perjiwa, Tenggarong, penggarapannya baru rampung 50 persen. Jika sudah rampung seratus persen, stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan.

Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital. “Tidak ada daerah yang punya stadion semegah ini,” kata Hendardi.

Selain stadion, masih ada sejumlah venue berstandar internasional. Misalnya velodrom balap sepeda dan panahan di komplek olahraga Perjiwa Tenggarong, lalu lapangan polo air, senam dan bulu tangkis di Stadion Utama Palaran, serta lapangan tembak di Balikpapan.
Velodrom ini yang terbaik di Asia Tenggara. Begitu juga lapangan tembak yang seperti ini, hanya ada di Thailand dan Filipina,” tuturnya.
Selain disiapkan menjadi tuan rumah SEA Games, kata Herndardi, venue-venue di Kaltim sekaligus akan dimanfaatkan untuk Pelatnas SEA Games 2009. “KONI sudah bicarakan soal pelatnas di Kaltim. Jadi venue yang digunakan PON XVII itu tidak akan terlantar. Di situ ada pelatnas, lalu Kaltim sendiri menggunakannya untuk puslatda jangka panjang” katanya.
Hendardi menambahkan, pelatnas di Kaltim sangat memungkinkan. Selain venue berstandar internasional, juga ditunjang sarana pendukung yang memadai. Salah satunya hotel atlet. Hotel yang terletak di komplek Stadion Sempaja, Kota Samarinda. Terdiri delapan lantai dengan kapasitas sekitar 800 orang. ian

Berikut previewnya :

Stadion Palaran, Samarinda

Stadion taman prestasi Bontang


Merdeka….merdeka….terharu wa….

Mudah-mudahan daerah lain mengikuti dan atlet berprestasi bakal lahir dari ibu pertiwi…..

1 aja peringatan wa …. jangan rusak fasilitas ini….takut wa nanti dirusak sama suporter ga bertangung jawab model The-Jak, Bobotoh and Viking, Aremania yang kemaren rusuh dan merusak fasilitas umum…..kapan mau maju kalo fasilitas yang dibangun dirusak sama Anak bangsa sendiri (Yang ga’ punya otak dan malu)

Sekali lagi

Hidup Indonesia

9 Responses to “Info | Dunia olah raga Indonesia”

  1. mas maaf bukan ada maksud buat nyari ribut atau apa, cuma pengen ngelurusin tulisan yg ada di paragraf terakhri

    “takut wa nanti dirusak sama suporter ga bertangung jawab model The-Jak, Bobotoh and Viking, Aremania yang kemaren rusuh dan merusak fasilitas umum…..kapan mau maju kalo fasilitas yang dibangun dirusak sama Anak bangsa sendiri (Yang ga’ punya otak dan malu)”

    tentang the-jak, bobotoh & viking, atau aremania, tolong sedikit di revisi tulisanya karena, takut ada yg tersinggung.

    bukanya apa2, tapi menurut saya, yg ricuh dan merusak itu adalah OKNUM yang sangat tidak dewasa dari orang yg mengaku supporter tersebut di atas. walaupun memang kebanyakan berita mengarah kepada meeka, saya yakin pendukung sejati tidak melakukan hal yg tidak terpuji.

    saya salah satu dari fans yang mas sebutkan. tapi saya tidak pernah merusak. jadi jangan sampai salah sangka smua anggota fans yang mas sebutkan itu adalah perusak

    peace is beautiful🙂

    terima kasih

  2. pada bagus stadionnya…🙂

  3. irmha jae jin Says:

    oooooooooo ya ckrg bontang uga puz stadion baru stadionz bagus coba aj lyat ntar mlem bontang maen m persijap!!!!!!!!!!majulah bontangku majulahINDONESIAQ

  4. irmha jae jin Says:

    bagustuh lou gitu jadi kaltim bza semakin maju dunks

  5. Sebentar lahi stadion di kaltim tu bakal kalah,, dgn stadion nasional punya riau….
    Dgn stadion termegah di indonesia…

  6. Icak Andreas Says:

    Wah kaltim Semakain hebat mempunyai sradion yang megah dan standar internasional..semoga prestasi nya juga semakin berkembang.dan semua aset yang di miliki dapat di rawat dan di manfaatkan sesuai fungsi.

  7. Majulah INDONESIAKU!!!

    Bener tuh!

    Udah susah-payah ngebangun fasilitas olahraga berkelas internasional, bisa dibanggakan,, jangan sampe dirusak oleh orang2 yg gak bisa ngendaliin emosi gara2 fanatik buta sama klub2nya.

    Bisa-bisa yg tadinya bangga berubah jadi malu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: