Opini | XL Berlakukan Tarif Telepon Rp 50 Sepuasnya

Yogyakarta – Usai mendulang sukses dengan tarif Rp 600 menelepon sepuasnya, kini PT Excelcomindo Pratama (XL) menelurkan skema tarif baru untuk kartu Bebas. Cukup bermodal Rp 50, pelanggan diklaim bisa menelepon sepuasnya dari jam 00.00-07.00 WIB.

Tarif murah ini dapat dinikmati pelanggan di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur mulai hari ini (29/5/2008) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Di luar waktu tersebut, yakni pukul 07.00-11.00 WIB, pengguna bebas dapat menelepon sepuasnya setelah menit 1. Sebelum menit pertama, pengguna dikenakan tarif Rp 10/detik atau Rp 600.

Untuk pukul 11.00-18.00, menelepon sampai puas berlaku setelah menit ke-2. Sedangkan pada pukul 18.00- 24.00, berlaku setelah detik ke-200. Tarif di menit-menit awal tetap sama, yakni Rp 10/detik.

Sementara itu menelepon sampai puas ke operator lain berlaku setelah menit ke 2 sampai menit ke 10. Tarif di menit pertama adalah Rp 25/detik dan setelah 10 menit Rp 10/detik.

Disinggung masalah target pelanggan baru yang ingin dijaring, G. Kusbaroto, Regional Sales Operation Manager XL Yogyakarta pada acara jumpa pers di Dixie Resto, Kamis (29/5/2008) mengaku tidak memasang target tertentu. Ia mengatakan XL ingin menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

Pelanggan XL secara nasional hingga kuartal I tahun ini mencapai 18,4 juta dan sekitar 76 persen adalah pengguna Bebas.

Berdalih Jaringan Sering Putus

Ketika ditanya perihal sambungan telepon yang sering putus di menit-menit tertentu, XL berdalih bahwa selama ini belum banyak keluhan yang masuk ke mereka. XL mengimbau para pelanggan yang memiliki keluhan untuk komplain langsung ke XL, sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

Lebih lanjut XL menambahkan, putusnya sambungan telepon tersebut bisa disebabkan karena kepadatan jaringan. XL mengaku sudah mengantisipasi kemungkinan lonjakan pelanggan baru dengan menambah kapasitas BTS. Saat ini Xl telah membangun lebih dari 12 ribu BTS.

Seiring dengan semakin murahnya tarif yang ditawarkan, XL akan berusaha meningkatkan kualitas pelayanan. Pihak XL juga mengimbau pelanggan untuk menelepon secara bijak, pergunakan telepon seperlunya.

Berikut skema tarif terbaru XL untuk menelepon ke sesama operator :

pukul 00.00 -07.00 WIB: Rp 50
pukul 07.00-11.00 WIB: Rp 600
pukul 11.00-18.00 WIB: Rp 1200
pukul 18.00-24.00 WIB: Rp 2000

Blopini mengutip dari detik.com

Surat buat XL dari Blopini

Dear XL,

Selamat atas program barunya, mungkin program ini akan menambah ketat persaingan antar provider selular untuk memberikan tarif yang murah dan jelas yang diuntungkan adalah konsumen karena dapat menikmati tarif yang murah walau seharusnya bisa gratis.

Pertanyaan pertama Saya (Blopini | red) kenapa XL selalu terputus ketika kita menelepon, jika alasannya jaringan sudah terlalu padat kenapa kok menit terputusnya sama (seperti sudah di set di billing XL nya misal setiap 5 menit putus atau tarif Rp.5700 putus) ini kecurigaan saya mohon penjelasannya.

Pertanyaan kedua kenapa harus menunggu banyak “jika tidak bisa disebutkan semua” pelanggan XL komplain dan baru ada tindakan (berarti service/pelayanan tidak diutamakan oleh XL, benarkah??), pelanggan adalah raja mungkin prinsip itu yang harus XL pegang jadi tidak harus masing-masing melapor jika ada 1 orang atau lebih komplain masalah yang sama saya yakin jika layanan ini dikedepankan akan menjadi nilai lebih bagi XL.

Surat ini tidak disampaikan langsung agar dapat dibaca oleh semua pelanggan XL ataupun tidak sehingga dapat melihat langsung jawaban dari XL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: