Gorontalo | Publikasikan Belanja Daerah di Media

Provonsi | Gorontalo, bila dilihat dari usianya memang masih baru. Namun dari segi peningkatan perekonomian rakyat, pendidikan, kesehatan dan dalam membelanjakan dana APBD-nya, agaknya Pemerintah Provinsi di seluruh Indonesia perlu instropeksi dan belajar dari Provinsi ini yang dipimpin oleh Gubernur Dr. Ir. Fadel Muhammad.

Sebab Gorontalo pada tanggal 9 Januari 2008 kemarin mendapat penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai provinsi di Indonesia yang dinilai terbaik dalam mengelola keuangan. Bahkan keuangan daerah untuk belanja apa saja dan berapa sisanya dipublikasikan secara terbuka di media massa. Bahkan masyarakat bisa mengirim short message service (sms) kepada Fadel untuk sekedar menanyakan keuangan  daerahnya.

Apa rahasia Gubernur (Fadel :red)? Fadel membuat kebijakan dimana dalam melakukan rancangan APBD, melibatkan semua kalangan. “Masyarakat, pendidik, dan semua elemen masyarakat saya undang untuk membuat rancangan APBD sehingga semua suara rakyat terpenuhi dalam APBD ini.” sebutnya dalam acara Silaturahmi  Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendikiawan Muslim (ICMI), di Pekanbaru, Minggu (13/1) lalu.

“Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah menurun. Kenapa?, karena kita selalu menutup-nutupi APBD padahal dana itu adalah milik rakyat, kita cuma mengelolanya. Karena itu imej ini saya ubah dan ternyata berhasil.” katanya.

Gebrakan lain yang dilakukan Fadel sebagai Gubernur Gorontalo adalah dengan mengubah kebiasaan masyarakat yang bertumpu pada emas dan sawit. Fadel membuat masyarakatnya beralih menjadi petani jagung. Caranya, dengan jalan menaikkan harga jual jagung di pasaran melalui SK Gubernur Gorontalo. Apa yang terjadi, sekarang masyarakat berlomba-lomba menanam jagung.

“Seorang gubernur harus berani membuat sebuah keputusan dan kebijakan. Saya buat SK jagung harganya naik di pasaran dari harga 700 rupiah menjadi 1.700 rupiah. Hasilnya sangat signifikan,” ujarnya yang disambut tepuk tangan peserta Silaknas ICMI.

Kebijakan lainnya, mendongkrak sumber daya manusia masyarakatnya. Fadel mengalokasikan puluhan miliaran rupiah untuk mendongkrak SDM. SDM yang didongkrak pertama-tama adalah SDM birokrasi, karena Fadel sadar, SDM itu amat penting. Dan IT juga menjadi perhatian gubernur yang berhidung mancung ini.

“Selamat buat gubernur, selamat buat rakyatnya yang punya gubernur sepertinya, selamat buat provinsinya yang memiliki rakyat yang senang membangun dan mahu diatur untuk kepentingannya”. Provinsi lain ditunggu gebrakannya jangan hanya menjadi raja-raja kecil di daerahanya buatlah kebijakan yang berpihak pada rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: