Windows | Convert file docx to doc

Konversi Online File DOCX ke DOC

Posted on Internet.

Malam ini saya kebingungan ketika adek saya menanyakan bagaimana membuka file .docx. Saya mencoba untuk membuka file tersebut dengan beberapa aplikasi, namun tidak berhasil. Saya kira file ini adalah virus komputer yang melakukan penyamaran. Untungnya saya menemukan jawaban di internet.

DOCX adalah standar file untuk Microsoft Word 2007 yang menggunakan standar Office Open XML atau OOXML.

Office Open XML (commonly abbreviated as OOXML) is a file format specification for the storage of electronic documents such as memos, reports, books, spreadsheets, charts, presentations and word processing documents. The specification was developed by Microsoft for its Microsoft Office 2007 product suite and was standardized by Ecma International as Ecma 376 in December 2006.[1]
Wikipedia : Office Open XML


Penggunaan standar ini telah membuat repot banyak orang, karena sampai kini belum banyak aplikasi pengolah kata yang mengenalinya, termasuk Open Office 2.2. Microsoft sendiri telah mengeluarkan program converter yaitu Microsoft Office Compatibility Pack for Word, Excel, and PowerPoint 2007 File Formats. Anda dapat mendownloadnya di sini.

Masalahnya bagaimana jika Anda adalah pengguna linux seperti saya. Aplikasi apa yang sudah mengenali standar file Ms. Office 2007 yang baru ini? Saya sendiri masih mencari-cari, namun belum menemukannya. Sejauh ini saya menggunakan konversi online yang disediakan oleh beberapa situs :

http://www.docx2doc.com/

http://www.zamzar.com/

Secara teknis cara kerja docx – doc converter dapat dibaca dalam artikel A newbie’s guide to .docx.

Penggunaan jasa konversi online memang mudah, hanya saja rentan dengan isu keamanan data dalam file tersebut. Oleh karena itu sebaiknya tidak menggunakan jasa tersebut pada file-file yang bersifat pribadi dan penting.

3 Responses to “Windows | Convert file docx to doc”

  1. waduh…. saya kebetulan lagi bingung dengan satu file penting saya yang kemaren ngetiknya pake word2007. buka di word 2003 ga bisa. huehuehue. dasar geblek sayah.
    tarengkyu info na. coba dulu ahh…

    pamit… mau download dulu😀

  2. mand41l1nc Says:

    Mungkin memang lagi lambat tuh koneksinya bapak atau zamzarnya. Klo aku nyoba fine-fine aja kok…..coba yang satunya lagi pak….

    sama-sama telah baca info dari saya.

  3. tapi pas saya pake docx2doc sama zamzar kok file-nya ga nyampe2 ke email saya yah? padahal hanya belasan Kb saja. What’s wrong?

    But, anyway, thanks atas infonya…🙂

Leave a Reply

