Simple Description !!!

Menemukan lagi sebuah tulisan simple yang menurut saya inilah yang terjadi di masyarakat kita “saya sampai bingung akan memasukkan ke kategori mana tulisan ini spesial pake telor atau Opini Anda, akhirnya saya masukkan ke Opini Anda…..padahal tulisan ini spesial banget lho…..:))  ”

KrisLam dan SlamKris serta Kristul, dan Slamtul adalah akronim yang
tiba-tiba datang kepada saya, setelah merenungkan pengalaman social
yang saya dapat dari pergaulan teman-teman islam dan Kristen. Dari
pergaluan dengan teman-teman Kristen, banyak saya temukan di antara
mereka ternyata justru menerapkan nilai-nilai islami, seperti
mencintai sesama, membantu orang melarat secara iklas dan tulus, dsb
dsb. Pendek kata, perilaku mereka mencerminkan nilai-nilai islami,
sehingga saya menyebutnya sebagai KrisLam (Kristen tapi islami).
Sebaliknya, dalam pergaulan saya dengan teman-teman islam saya
menemukan di antara mereka yang justru menjalankan nilai-nilai
Kristen misalnya, menghalalkan zina, mabuk, makan yang haram, judi,
gak pernah jumatan,dsb dsb. Walaupun mereka mengaku islam tetapi
benar-benar tak mencerminkan perilaku islam, sehingga saya
menyebutnya sebagai SlamKris. (Mengaku islam tapi berjiwa Kristen ).
Ada juga banyak diantara mereka benar-benar mencerminkan Kristen,
misal culas, selalu pamrih dalam setiap bantuan yang diberikan agar
yang dibantu mau dikristenkan, tidak toleran, tak bisa menerapakan
prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Saya menyebut
mereka sebagai Kristul, alias Kristen tulen. Saya juga mendapati
diantara mereka, banyak yang benar-benar menerapkan nilai islami,
seperti tidak suka menghasut, tidak mau mendekati zina, “andap asor”
alias tidak memuji diri sendiri, toleran, iklas dalam menolong orang
lain terutama menolong si miskin, dsb dsb. Saya menyebut mereka
sebagai teman yang Slamtul alias islam tulen. Dalam hati saya merasa
salut terhadap teman yang Slamtul, yang telah mampu menangkap hidayah
yang benar-benar dijanjikan dalam islam sebagai agama yang memberikan
rakhmat bagai semesta. Sebaliknya, ada semacam rasa iba terhadap
teman yang SlamKris, yang membiarkan dirinya terjerumus dalam
kubangan nilai-nilai non islami yang distruktif terhadap kemsalahatan
umat manusia dan semesta. Terhadap yang KrisLam yang walaupun
mengaku kristen, tetapi mencerminkan perilaku islami, cermin dari
perilalku penebar kemaslahatan dan kasih terhdap sekitarnya, ada
semacam rasa sayang karena tinggal ada satu langkah lagi anak tangga
yang akan bisa mengantarkan mereka mendapatkan keselamatan dunia
akhirat namun membiarkan diri untuk tidak mau menapak. Terhadap
mereka yang Krsitul, yang mencerminkan ajaran Paulus dan menggenapi
nubuat Matius yang selalu menebar ketidak stabilan tatanan
perikehidupan sosial rasanya ada semaca rasa geram luar bisa,
dan “protes” kepada Tuhan kenapa menciptakan umat yang sesat dalam
perilaku semacam itu. Mungkin ada hikmah di balik itu, agar umat
manusia bisa melihat mana yang haq dan mana yang bathil, dan
memberikan kebebasan kepada siapapun untuk memilih, antara “madu”
atau “racun”.

salam GoBand

Komentar tentang tulisan diatas :

Bung Goban, kayaknya kurang komplit, karena Agama negara ini tidak hanya Islam dan Kristen saja.
Bagaimana dengan Budtul, Hintul, Konghutul, dan kalau dikombinasikan tentunya jadi menarik kayak macan tutul.
BuSlam – Slambud, HiSlam – SlamHi, KonghuSlam – SlamKonghu….. ?????
Agar penilaian anda lengkap dan berimbang J

Salam,
Samsi

 

Lucu bukan tapi tetap bermakna, inilah art dari mendeskripsikan kata, dengan penjelasan simple tapi mengena (menurut saya lho…!!!) menurut Anda bagaimana ???

Leave a Reply

