Dokumentasi Error dan Kenapa jadi Penting ?

Proyek ini di mulai pada tahun 2003, namun tahap pengerjaan serius adalah ditahun 2005 diawali dengan kegiatan dokumentasi tentang pesan-pesan error yang muncul baik dari perangkat-perangkat digital maupun software yang di temukan dalam kegiatan sehari-hari.
Lalu bertemu beberapa teman pada tahun 2006 dalam perbincangan ringan (bahkan harga kopi terasa masih lebih berat), lalu diputuskan untuk mempublikasikan hasil dokumentasi disamping juga mulai merancang design aplikasi web untuk menerima kontribusi pesan error dari seluruh Dunia (mendengar kata “design” yang sepertinya canggih, namun pada kenyataannya aplikasi ini dibangun dengan metode Dirty Programming, tanpa flowchart bahkan terkesan asal jadi, jika seorang hacker menghancurkan atau merusak situs ini maka bukanlah suatu prestasi yang membanggakan, walau pastinya apikasi ini terus mengalami perbaikan bahkan mungkin perombakan total atau ditutup sama sekali). Mempublikasikan informasi ke Internet adalah merupakan pekerjaan mudah, namun konsekwensi yang ditimbulkanlah yang selalu menjadi permasalahan.
Karena pada awalnya dokumentasi yang ada hanya terbatas pada kepentingan tertentu maka tidak ada jaminan bahwa informasi yang disajikan disini 100% benar dan teruji, kasus, pemicu dan cara memecahkan masalahnya pun bervariasi, tergantung pada perangkat, software bahkan orang yang mengerjakannya, tentu saja ada sedikit kekhawatiran tentang informasi yang meragukan, namun hal ini sudah cukup memboros listrik yang mahal untuk terus dipikirkan, dengan anggapan kita bukan orang-orang politik yang suka memberikan informasi-informasi meragukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, atau mungkin sudah saatnya kita mulai memisahkan makna dari seorang “Engine” atau seorang “Verbalis”, karena selama ada kejujuran selama itu pula anda berstatus sebagai engine, karena bahasa-bahasa engine adalah bahasa yang terukur, dan hanya kejujuranlah yang merupakan bahasa terukur, bila kita mulai memberikan kebohongan-kebohongan dalam berbagai kemasan, maka kita mulai bersikap untuk tidak lagi terukur, hal-hal yang tidak terukur cenderung korup dan sarat manipulasi.
Jadi mari saling berbagi pengalaman tentang pesan-pesan error yang ditemukan, karena saling berbagi adalah inti dari kekuatan manusia yang membedakannya dari makhluk-makhluk lain.

Agus Ramadhona

Kenapa Penting ?

Q: Seberapa penting?, google cukup kok !
A: Setidaknya EC dapat digunakan untuk kepentingan kami sendiri, Google memang Search Engine yang sangat bagus dengan Result yang luas..EC hanya mengkhususkan pada pesan Error yang umumnya ditemukan.

Q: Kenapa tidak meniru konsep Wikipedia ?
A: EC memilih mandiri..mungkin karena alasannya lebih bebas.

Q: Bahasa Inggrisnya kok banyak yang asal?!
A: Mungkin kontributor-kontributor yang ada lebih nyaman dengan bahasa itu,supaya lebih publish, EC juga bisa kok di isi dengan menggunakan bahasa Indonesia, Bener tuh..tapi apa perlu untuk jadi Kontributor EC harus di TOEFL dulu..?ūüôā

Q: Apa Misi dari EC ?
A: Memiliki koleksi dokumentasi pesan error yang banyak, lalu mendokumentasikannya untuk konsumsi publik secara Free (Gratis dan Bebas)..itu bukan mimpi kan?

Q: Apakah EC tak lain hanyalah situs yang mencoba mencari uang gampang dari Donasi dengan memberikan layanan ini ?
A: Cobalah menggunakan EC, EC merupakan proyek serius, walau kami terlalu sibuk untuk selalu memeliharanya, namun harus di pertahankan, Donasi hanya merupakan sedikit motivasi dan keperluan yang diperlukan untuk pemeliharaan layanan, selain itu..anda bahkan tidak perlu membayar apapun karena donatur maupun bukan akan mendapatkan layanan yang sama, selama kami masih mampu dalam maintanance layanan maka kami tidak akan memunculkan Link Donasi.

Q: Admin E.C ini sepertinya bodoh ?
A: Kami hanya kalangan debu..tidak baik dalam segala hal, hanya melakukan apa yang kami senangi.

Q: AKu punya banyak koleksi pesan Error, bagaiman menurut EC ?
A: Kami akan sangat senang jika kau mau berbagi dan menjadi Kontributor E.C, walau kau bisa membuat layanan serupa atau menyimpannya sendiri.

Q: Hey Konsep EC ini menjiplak milik gw..lu nyolong darimana??!
A: Hah?…gw rasa lu orang GILA..INSANE…andai gw dari awal mau di repotin dengan urusan hak paten..mending lu diem deh..otak gw dah penuh!!

Q: Aku punya niat nge_Hack EC ?
A: Jika “Hack” yang dimaksud adalah untuk pengembagan/perbaikan Code Engine EC beritahukan kelemahannya ya?.

Q: Bagaimana bila ingin menjadi Kontributor ?
A: Kami merasa sangat tersanjung jika kamu ingin jadi kontributor, mudah.. isi aja formnya..jangan lupa nama kamu pada author (kalo bisa email).

Q: Bagaimana menggunakan EC ?
A: Baca EC How To

Q: Bisa ngga kami lakukan edit perbaikan pada informasi yang disajikan EC ?
A: Ya, kami akan sangat senang sekali..caranya ada di HOW TO.

Q: Hey E.C membantu banget !
A: Alhamdulillah, kalau begitu mengapa tidak mulai mendokumentasikan pesan-pesan error yang pernah kau temukan dan berbagi dengan pengguna EC lainnya.

 Anda bisa mencari pesan error yang telah terdokumentasi atau contribute pesan error yang anda temukan di semua perangkat digital sekaligus solusinya.Temukan semuanya disini     |      www.errorscase.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: