Dua Provinsi MIGRASI Ke Open Source

Dua Provinsi Indonesia telah memasuki era baru yaitu Pemertintah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kementerian Negara Riset dan Teknologi dan Yayasan AirPutih, sepakat untuk melakukan migrasi ke perangkat lunak open source (PLOS). Satu langkah strategis untuk penghematan APBD telah dimulai.

Adalah Yayasan AirPutih bekerjasama dengan Jurusan Teknologi Informatika Universitas Gunadarma, Combine Resource Institution, dan Yayasan Penggerak Linux Indonesiayang akan melaksanakan proses migrasi bertajuk “Sosialisasi Open Source dan Pengembangan Helpdesk Nasional”

Imron Fauzi (Program Manager Open Source Yayasan AirPutih) menuturkan ada 2 tujuan migrasi tersebut yakni “Dalam jangka pendek, tujuan migrasi di 2 provinsi ini adalah merumuskan masterplan migrasi open source”, jelas imron. Sedangkan dalam jangka panjangnya, provinsi yang sudah melakukan migrasi mengurangi ketergantungan pada perangkat lunak yang mahal dan tertutup.

Dianggarkan akan menelan biaya sebesar 650 juta, migrasi PLOS akan dilakukan secara total setidaknya pada sebuah kantor milik pemerintah, satu lembaga swadaya masyarakat lokal yang bergerak di isu perempuan, sebuah institusi pendidikan serta sebuah UKM. Migrasi ini meliputi instalasi perangkat lunak open source, training bagi pengguna, dan penyusunan manual atau dokumentasinya.

Proses migrasi diawali assessment untuk mengetahui jumlah komputer beserta spesifikasi dan penggunaannya di kantor-kantor pemerintah dalam wilayah sample. Langkah selanjutnya adalah pengembangan sistem operasi berbasis open source yang bisa menjawab kebutuhan, plus manual dan sistem pendukung lainnya, termasuk layanan helpdesk online nah disini peluang bisnis untuk masyarakat IT lokal indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: