Hukum dan Perlindungan Data Pribadi

Negara-negara bekas blok Timur dibalik “Iron Wall” masih berusaha untuk mengembangkan peraturan yang lebih baik untuk melayani warganegaranya. Terkadang perjuangan ini akan membuat rambut anda kecoklatan di usia muda. Slovakia, sebagai contoh, sedang berusaha untuk membuat sebuah amandemen terhadap aturan layanan kesehatan.

Apa hubungan pelayanan kesehatan dengan Zone-H? Beikut penjelasannya.

Seperti yang dinyatakan lekvar dalam blognya blackhole.sk: “George Orwell akhirnya dikalahkan…”. Dalam usulan amandemen terdapat cukup besar bagian yang membicarakan tentang membangun “Pendataan nasional yang mencakup data pribadi, tujuan pemakaian dan parameter atas penduduk yang terkait”. Nama yang cukup asing, yang mencakup database nasional atas penduduk dengan penyakit tertentu, kemajuan penyakit mereka, data pribadi…

Untuk lebih jelas, mari kita tuliskan data yang diperlukan:

* nama depan dan nama keluarga
* nama lahir
* tanggal kelahiran
* kode kelahiran (seperti nomor asuransi di AS – berbeda tiap orang)
* KODE POS
* alamat
* persetujuan atas data yang diberikan
* data anamnestik dengan faktor resiko tentang penduduk dan keluarganya
* data penyakit
* data tentang prosedur pelayanan kesehatan dan hasilnya
* kode diagnosa
* spesifikasi diagnosa
* pendeteksian diagnosa pertama
* data tentang pelayanan kesehatan yang diberikan
* ringkasan perkembangan penyakit dan penyembuhannya
* informasi penting epidemiologi
* tanggal kematian (jika pasien meninggal)
* penyebab kematian
* diagnosa anatomi dan patologi
* data asuransi kesehatan
* data penyedia layanan kesehatan

Data ini harus diberikan ke setiap penduduk yang butuh pelayanan kesehatan. Seperti yang dinyatakan oleh amandemen, akses ke data ini harus disajikan kepada penduduk yang terdaftar dalam aturan lain (Nr. 576 tahun 2002, § 19- § 21). Hal lucu adalah bahwa aturan Nr.576 tahun 2002 berbicara tentang “perangkat tekanan tinggi”.

Disamping itu, semestinya harus ada pendaftaran untuk para penderita diabetes (kencing manis), penyakit fisik, kanker, hati, otak, penyakit paru-paru, TBC, kasus pencangkokan (transplantasi), penyakit turunan, kemudian mendaftar untuk perawatan arthroplastic… Kita tahu bahwa dalam beberapa kasus, informasi seperti itu sangat menolong untuk penyakit tertentu, tetapi kenapa membuat pendataan untuk tiap penduduk – bahkan ketika periksa ke dokter gigi – secara nasional?

Lebih lanjutnya, kita tahu bahwa di Slovakia terdapat beberapa kasus yang mengindikasikan belum cukupnya perlindungan data oleh pemerintah. Untuk memperjelas apa yang kami maksud: dua hari yang lalu Departemen Keadilan bersama-sama dengan polisi khusus mendapati adanya access point yang tak dilindungi (terbuka) di Pengadilan daerah Banska Bystrica (pengadilan tinggi kedua di Slovakia). Seperti edisi online surat kabar SME melaporkan, terdapat kemungkinan waktu yang cukup panjang (lama) untuk mendownload file yang disimpan dan membaca e-mail dari hakim…

Apabila ini merupakan level (ukuran) perlindungan data di lapisan pemerintah, maka data warganegara Slovakia sungguh dalam bahaya besar. Bagi yang sadar, yang takut akan hal ini, atau sedang membahas tentang perlu tidaknya pengumpulan data secara besar-besaran seperti itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: