Militer | Menhan: Indonesia Menargetkan Membeli 180 Pesawat Tempur Sukhoi

Menhan: Indonesia Pesan Lagi 6 Sukhoi Senilai Rp2,7 Triliun

VIVAnews – Pemerintah akan menambah enam pesawat Sukhoi dari yang sudah ada saat ini 10 pesawat, sehingga menjadi satu skuadron atau 16 buah pesawat.

Penambahan pesawat menghabiskan dana US$200-300 juta (sekitar Rp2,7 triliun) akan dilakukan dalam lima tahun ke depan.

Menurut Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, pembelian pesawat tersebut terpisah dari missil-nya. Untuk perlengkapan senjata di pesawat, bisa dibeli terpisah dan tidak harus buatan Rusia, seperti rudal buatan China.

Meski tidak menggunakan missil China, namun ia menjamin sistem komputasi yang dimiliki Sukhoi dapat digunakan walau bukan buatan Rusia.

Ia mencontohkan, dua pesawat Sukhoi yang berhasil melakukan seluruh uji coba bom latih P-100 di Kabupaten, Takalar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. “Itu dengan (rudal) buatan dalam negeri sudah bisa,” katanya di Istana Negara, Selasa 28 September 2010.

Dia menuturkan, yang terpenting dari kontrak pembelian pesawat itu adalah rak untuk senjata. Namun sayangnya, Purnomo tak bisa merinci berapa penghematan dari pembelian pesawat tanpa senjata tersebut.
“Ini seperti kalau membangun rumah, yang di depan memakai kayu mahal, untuk yang belakang tidak,” ujarnya.

Saat ini, pembelian Sukhoi tambahan tengah diproses. Dia juga telah berbicara dengan Dubes Rusia.”Karena kita mengikuti proses di birokrasi,” kata Purnomo. (hs)

Sumber : Klik Disini

Menhan: Indonesia Menargetkan Membeli 180 Pesawat Tempur Sukhoi

Makassar (ANTARA) – Indonesia menargetkan membeli 180 pesawat tempur Sukhoi dan membangun 10 Skadron di seluruh Indonesia untuk memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Imam Sufaat di Makassar, Senin, menegaskan bahwa pertahanan NKRI harus diperkuat.

“Untuk mempertahankan kedaulatan NKRI kita menargetkan 180 pesawat tempur Sukhoi dengan membangun 10 Skadron,” katanya.

Setiap skadron, lanjut mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu, akan diisi 18 pesawat tempur buatan Rusia itu.

TNI AU saat ini sudah memiliki enam pesawat Sukhoi dan bermarkas di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Menurut menteri, bukan hanya Sukhoi yang akan memperkuat pertahanan udara RI tetapi juga pesawat tempur F-16 Fightin Falcon yang sudah masuk dalam rencana kerja strategi (Renstra) Kemenhan sebagai pengganti dari pesawat Hawk Australia.

Ia mengatakan, target perencanaan penguatan 180 armada tempur TNI AU jenis Sukhoi itu diharapkan terealisasi hingga 2024.

Purnomo mengatakan, pengadaan pesawat tempur Sukhoi itu sangat dimungkinkan karena pemerintah Rusia siap menyediakan berapa pun jumlah pesawat tempur yang diminta Indonesia.

Menurutnya, dengan membaiknya kondisi keuangan negara diharapkan semua Renstra Kementrian Pertahanan bisa lebih cepat terlaksana.

“Dengan membaiknya perekonomian bangsa semakin memudahkan pemerintah untuk memperkuat pertahanan,” terangnya.

Sumber : Klik Disini

——————————————————————————————————————————————————————–

Semoga memang terealisasi dan anggaran untuk alusista ditambah biar pertahanan dan keamanan Indonesia mumpuni, ga’ ada lagi negara tetangga yang macem-macem, nih menteri pertahanan oke juga visi kedepannya semoga ga lipsservice aja biar rakyat senang….maju terus kami rakyat mendukung, sekalian alih tekhnologi dong biar Indonesia mampu produksi sendiri dan mampu meriset senjata versinya sendiri….

NKRI Harga Mati

Jadi gregetan ga sabar nunggunya

Salam Blopini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 735 other followers

%d bloggers like this: