Info | Beasiswa Kuliah sampai Lulus,Untuk 20Ribu lulusan SMA 2010

Kabar gembira untuk siswa-siswi SMA sederajat yang lulus di 2010 ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjanjikan beasiswa bernama BIDIK MISI bagi 20 ribu siswa di Indonesia yang berprestasi dan dari keluarga kurang mampu. Bentuknya jaminan biaya kuliah hingga tuntas, baik pada Diploma III, Diploma IV, ataupun jenjang Strata I. Bahkan biaya hidup per bulan pun turut dijamin.
Lebih menggembirakan lagi, siswa calon penerima bisa memilih maksimal dua program studi baik dalam satu perguruan tinggi atau di dua kampus yang berbeda. Sebanyak 104 perguruan tinggi negeri di Indonesia, baik yang bernaung di Departemen Pendidikan Nasional maupun Departemen Agama, telah terikat kerjasama sebagai penyelenggara beasiswa ini dan hampir semua program studinya boleh dipilih.
Terkait besaran beasiswa, dalam panduan yang dirilis Dirjen Dikti disebutkan besarnya mencapai Rp 5 juta per semester. Rinciannya; untuk biaya hidup ditetapkan dalam kisaran Rp 500 ribu sampai Rp Rp 700 ribu per bulan; sedang biaya pendidikan yang diterima oleh kampus penyelenggara dihitung dari setiap penerima berada dikisaran Rp 800 ribu – Rp 2 juta per semester.
Hampir semua kalangan kampus mengapresiasi program ini. Dr H Agus Maimun MPd, Pembantu Rektor III Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menilai program ini sebagai kebijakan yang revolusiner. Untuk kali pertama pemerintah memberikan jaminan biaya pendidikan sekaligus biaya hidup secara penuh bagi lulusan SMA untuk bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.
“Dibilang revolusioner sebab beasiswa ini akan menepis anggapan bahwa untuk kuliah itu biayanya mahal. Istilahnya, anak sekolah sekarang belajar saja yang baik dan giat agar bisa berprestasi, urusan biaya untuk kuliah, negara sudah menanggung,” tegas Agus Maimun
Pandangan serupa diungkap Prof Dr Ir Bambang Suharto MS, Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya yang menilai beasiswa ini memiliki semangat memutus rantai kemiskinan. Dengan adanya jaminan dan kesempatan yang sama untuk kuliah, diharapkan ke depan ada perbaikan kualitas kehidupan bagi si anak sekali yang selanjutnya bisa mengangkat perekonomian keluarga.
“Bila kemiskinan lahir dari kebodohan maka beasiswa ini mencoba untuk memutus akarnya, yaitu kebodohan. Dengan kesempatan yang sama untuk bisa kuliah amat diharapkan ada kesempatan yang sama juga dalam memperbaiki kualitas hidup,” tegas Bambang Suharto.
Sayang sedikit, program beasiswa yang revolusioner dan lahir atas semangat mulia ini menyimpan kesan amat diskriminatif. Pasalnya tidak satupun perguruan tinggi swasta yang dilibatkan sebagai kampus penyelenggaran. Oleh praktisi pendidikan IKIP Budi Utomo Malang, Muhammad Yahmin MPd, ini menegaskan betapa pemerintah semakin tidak mengakui keberadaan PTS.
”Dalam UU BHP jelas disebut bahwa selain ada bentuk BHP Pemerintah, juga ada BHP Daerah dan BHP Masyarakat (dalam hal ini swasta –red). Adanya kebijakan yang tidak mengakomodir ketiga bentuk BHP ini tentunya sudah melanggar legal formal. Kenapa tidak sekalian saja diubah UU nya.” tegas Yahmin. .mas-KP

Pokok-Pokok Program

Beasiswa ini diberikan pada 2010 oleh Dirjen Dikti Depdiknas berupa beasiswa dan biaya pendidikan kepada 20 ribu calon mahasiswa se Indonesia dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi.
Sasaran: Lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi.
Persyaratan: Calon penerima beasiswa mempunyai prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler yang diketahui oleh Kepala Sekolah/ Pimpinan Unit Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kabupaten/Kota. Adapun prestasi akademik/kurikuler yang dimaksud adalah peringkat 25 persen terbaik di kelas, sedangkan prestasi pada kegiatan ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota dan harus sesuai dengan program studi yang dipilih.
Jangka Waktu: Diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III.
Besaran: Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang diberikan adalah sebesar Rp 5 juta per mahasiswa per semester yang diprioritaskan untuk biaya hidup. Rinciannya adalah besarnya dana biaya hidup setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 500 ribu sampai dengan Rp 700 ribu (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan. Besarnya biaya pendidikan yang dialokasikan kepada setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 800 ribu sampai dengan Rp 2 juta per semester. Apabila biaya pendidikan di suatu perguruan tinggi terpilih ternyata lebih tinggi dari dana yang tersedia, maka perguruan tinggi terpilih tersebut wajib memberikan bantuan biaya pendidikan sepenuhnya kepada penerima beasiswa. Apabila terdapat kelebihan dana pendidikan pada suatu perguruan tinggi terpilih, maka perguruan tinggi terpilih tersebut dapat menggunakan untuk: biaya pelaksanaan tes/seleksi penerimaan (administrasi, transportasi, dan akomodasi); biaya buku, pelatihan mahasiswa yang bersangkutan, dan sebagainya.
Penghentian: Pemberian beasiswa dihentikan apabila mahasiswa penerima beasiswa: terbukti memberikan keterangan yang tidak benar atau melakukan pelanggaran administratif pada berkas yang disampaikan; tidak memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan oleh perguruan tinggi penyelenggara; melakukan pelanggaran terhadap tata tertib kehidupan kampus dan peraturan lain yang berlaku di perguruan tinggi; mengundurkan diri; dan meninggal dunia. (*)

Info lebih lengkap dan formulir pendaftaran dapat diunduh di alamat http://www.dikti.go.id dan/atau http://www.kelembagaan.dikti.go.id.

Tata Cara Pendaftaran
Beasiswa BIDIK MISI

Calon mahasiswa memilih program pendidikan Diploma III, Diploma IV dan Sarjana pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN terpilih;
Setiap calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua program studi, baik dalam satu perguruan tinggi atau di dua perguruan tinggi yang berbeda.
Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas dari siswa yang memenuhi persyaratan melakukan pendaftaran secara kolektif

Berkas-berkas yang dilengkapi oleh siswa:

1. Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh siswa yang bersangkutan dan dilengkapi dengan pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
2. Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif;
3. Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 disertai surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan (legalisasi) oleh kepala sekolah/ pimpinan unit Dikmas;
4. Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
5. Fotokopi Kartu Keluarga;
6. Jika diperlukan dapat menyertakan bukti pendukung lain seperti fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya.
7. Rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang memberikan keterangan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi yang orang tua/wali-nya kurang mampu. (*)

Terbuka bagi semua prodi
Drs H Kadim Masjkur MPd

Berdasarkan panduan beasiswa ini, calon penerima bisa memilih maksimal dua program studi (prodi), baik dalam satu perguruan tinggi maupun di dua perguruan tinggi yang berbeda. Model ini sebenarnya tidak jauh beda dengan model pemilihan di jalur SNMPTN yang digelar oleh PTN. Di Universitas Negeri Malang (UM) seluruh program studi yang ada amat terbuka untuk dipilih oleh calon penerima beasiswa.
“Kami mendapatkan kuota 450 orang dari seluruh Indonesia. Semua prodi di UM bisa dipilih dan kuotanya tidak termasuk kuota jalur-jalur lain untuk masuk UM, jadi jalur beasiswa ini khusus,” jelas Pembantu Rektor III ini.
Meski terbuka untuk semua prodi, baik yang Diploma maupun Strata 1, Kadim tidak menampik bila nantinya ada langkah untuk memfokuskan pilihan pada prodi di UM yang selama ini kurang peminat. Menurutnya ini penting untuk bisa mengimbangi keberadaan semua prodi di UM serta meminimalisir adanya tanggung jawab pihak kampus untuk memenuhi kekurangan biaya pendidikan pada prodi favorit.
“Tapi nantinya bila calon penerima sudah menjadi mahasiswa UM, kesempatan untuk mendapat beasiswa dari sumber lain juga sama-sama terbuka,” ungkap Kadim. .mas-KP

Sumber : Klik Disini

17 Responses to “Info | Beasiswa Kuliah sampai Lulus,Untuk 20Ribu lulusan SMA 2010”

  1. jamilatur rohmi Says:

    di infonya ok 30 % terbaik di scul.yang benar t mana???

  2. jamilatur rohmi Says:

    di infonya ox 30% terbaik di scul,ni yang bener t mana,???

  3. saya ingin adek saya kuliah d negri,,,, karena dia termasuk berprestasi dskolny…..
    dia pengen kuliah katanya ????
    saya mohon bantuan bapak
    krim konfir bapak k email saya
    trims

  4. Untuk semua pembaca, berhubung blopini tidak punya kopetensi untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan layak dan bagaimana caranya…karena blopini hanya menyajikan data dan syarat untuk mendapat beasiswa ini….kiranya lengkapi data dan syaratnya terus coba hubungi diknas terdekat, kayaknya program beasiswa sejenis juga banyak di lakukan oleh pemkab-pemkab di tempat Anda tinggal…..yang terlebih penting usaha terus…tidak ada yang tidak mungkin…namanya gratis tentu aga’ sulit dan harus memenuhi prosedur terlebih dahulu dan biasanya ribet…

    Salam

    Blopini

  5. Irvan Maulana Says:

    assalamualaikuim,
    saya lulusan STM 26 Pembangunan Jakarta lulusan tahun 2010,saya dari Jurusan elektronika komunikasi. saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan ISP di jakarta. saya ingin sekali kuliah namun seperti yang lain terpentok di biaya. saya mohon informasinya mengenai kuliah gratis ini. saya bisa dihubungi di YM saya saiiacupuu@yahoo.com

    wassalam.

  6. Muhamad shaleh Says:

    Assallamuallaikum. . Wr. .wb.
    K’,saya lulusan 2011 apkh ada pluang untk mask program ini, . ! Saya bnar” pnya keinginan kuliah,tp saya tidak mempunyai biaya, . !
    Tolong infonya ya k’, . !
    Kalau ada,tolng bri tau ke E’mail Shaleh@rocketmail.com

  7. amanda nuraini Says:

    assalam ,,
    k’, ana mau ikut program ini, boleh tau g, kira2 berapa peluang untuk saya masuk dalam program tersebut, dan berapa banyak teman2 yang berminat mengikuti program tersebut, apa program ini tidak dikhususkan untuk jurusan tertentu, jujur ana masih awwam dalam hal perkuliahan seperti ini, mohon dibantu y k’,

  8. enakny bsa nglanjutin kuliah..bagaimna carany???

  9. salmon aruan Says:

    aku ingin untuk lanjut kuliah, beasiswa untuk tamatan tahun 2011 nanti gimana,??
    tolong informasinya ya..,.,.,
    ke email saya : salmon_aruan@yahoo.com

  10. Noni Suci Aristyani Says:

    Assalamu’alaykum . aduh . . alhamdulillah ada jalan untuk kuliah gratis. saya dari jogja , kebetulan minat sy kuliah tinggi . aduuuh . pingin banget kuliah gratis. hehe. fasilitas lain yang diberikan apa saja?

  11. Wibowo Bagus Saputa Says:

    Assalamu’alaikum….?
    Saya Wibowo Bagus Saputra dari SMAN 1 TUMIJAJAR,LAMPUNG.
    Saat ini, saya duduk di kelas XII. Dan saya ingn menjadi salah satu pelajar yang mendapatkan beasiswa tersebut…
    Alhamdulillah saya termasuk siswa berprestasi di daerah saya, tetapi saya bingung bagaimana tata caranya….
    Terima kasih….
    Wassalam.!

    ———————————————————————————————————————-
    Terima kasih sudah berkunjung, [maaf klo post komen jangan sampe 3 kali yach atau nanti akan dianggap spammer...thanx]
    Untuk info selanjutnya coba konfirmasi ke disdik terdekat, karena ini adalah program pemerintah yang tidak selalu ada jadi harus cepat dalam mencari informasi.

    Selamat mencoba

    Blopini

  12. asalamualaikum…
    saya siswi kelas XII tahun sekarang….
    insya allah saya salah satu siswi berprestasi dikelas,saya sangat berminat sekali untuk mendapatkan beasiswa tapi cara dan persyaratannya gimana??????
    lalu apa yang harus saya lakukan mulai dari sekarang??

  13. MUTHMAINNAH Says:

    askum.nama saya muthmainnah,lulusan 2009,saya belum kuliah cz g ada biaya,n saya ìngin kuliah.tolong saya ,gimana cara saya agar bisa kuliah?dan apakah saya bisa mengikuti program beasiswa ini?tlong bantu saya?untuk pertimbangan ,:saya mendpt juara ke satu dari TK sampai kelas X,dan juara ke 2 dr kelas XI DAN XII.tlog bntu saya.kabari saya d no hp saya 085330218151 .alamat facebook asmadzakiya@yahoo.co.id.terima kasih.allah akbar

  14. ini alamat facebook saya frenzy.tiena@yahoo.com

  15. setelah melengkapi pesyaratan ke mana harus di kirim? saya ingin mendapatkan beasiswa itu.tolong infonya kirim ke alamat email atau facebook saya

  16. sri puji yanti Says:

    aq ingin banget bisa kuliah,, meski aq ngak punya biaya tuk kuliah tapi q coba tuk mencarinya
    tolong babtu aq meneruskan cit2 q sebagai anak bangsa..

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 735 other followers

